Penelusuran blog disini

Sunday 12 January 2014

Temukan TALENTA ANDA

TES TALENTA (KECERDASAN MAJEMUK) untuk menemukan Talenta

Hari ini saya mau bagikan tentang bagaimana salah satu cara untuk menemukan talenta kita untuk pekerjaan baik pelayanan di greja maupun pelayanan dalam masyarakat
 Saya mendapatkan info ini dari berbagai sumber dan tentunya saya tambahin beberapa poin untuk lebih dimengerti dan lebih bagus tentunya..
OK sekarang kita langsung saja y...dan semoga ini dapat membantu menemukan apa talenta yang anda miliki

Selamat mengisi dan temukan talenta anda


PENGANTAR DAN PETUNJUK TES

1.Tes ini bukanlah sebuah ujian. Nikmatilah prosesnya.

2.Tujuan tes ini adalah membantu Anda menemukan talenta Anda.

3. Tidak ada jawaban yang benar dan salah dalam tes ini.

4.Isilah dengan jujur (sesuai dengan keadaan Anda) dan kerjakan dengan secepat mungkin pada setiap kolom yang tersedia lalu jumlahkan nilai di setiap kolom.

5.Isilah jawaban Anda pada kolom skor.



1 = sangat tidak setuju

2 = tidak setuju

3 = agak setuju

4 = setuju

5 = sangat setuju







Selamat mengerjakan. Semoga Anda dapat menemukan talenta Anda yang telah dianugerahkan Tuhan kepada Anda melalui tes sederhana ini.

1 = sangat tidak setuju;  2 = tidak setuju;  3 = agak setuju;  4 = setuju;  5 = sangat setuju

Pertanyaan Majemuk I
1.     Saya suka bercerita, termasuk cerita dongeng dan cerita yang lucu.
2.     Saya memiliki ingatan yang baik untuk hal-hal yang sepele.
3.     Saya menyukai permainan kata- kata (seperti scrabble dan puzzle).
4.     Saya membaca buku hanya sebagai hobi.
5.     Saya seorang pembicara yang baik (hampir setiap waktu).
6.     Dalam berargumentasi, saya cenderung menggunakan kata- kata sindiran.
7.     Saya senang membicarakan dan menulis ide-ide saya.
8.     Jika saya harus mengingat sesuatu, saya menciptakan irama-irama atau kata-kata yang membantu saya untuk mengingatnya.
9.     Jika sesuatu rusak dan tidak berfungsi, saya akan membaca buku panduannya terlebih dahulu.
10.   Dalam kerja kelompok (untuk menyiapkan sebuah presentasi), saya lebih memilih untuk
menulis dan melakukan riset pustaka.

Pertanyaan Majemuk II
1.     Saya sangat menikmati pelajaran matematika.
2.     Saya menyukai permainan yang menggunakan logika, seperti teka- teki angka.
3.     Dapat memecahkan soal-soal hitungan adalah hal yang menyenangkan bagi saya.
4.     Jika saya harus mengingat sesuatu, saya cenderung menempatkan setiap kejadian dalam urutan    yang logis.
5.     Saya senang mencari tahu bagaimana  cara kerja setiap benda.
6.     Saya menyukai komputer dan berbagai permainan angka-angka.
7.     Saya suka bermain catur, checkers,
atau monopoli.
8.     Dalam berargumentasi, saya mencoba  mencari solusi yang adil dan logis.
9.     Jika sesuatu rusak dan tidak berfungsi, saya melihat bagian- bagiannya (atau komponen- komponennya) dan mencari tahu bagaimana cara kerjanya.
10.   Dalam kerja kelompok, saya lebih memilih membuat diagram dan grafik


TOTAL Majemuk I : .....................                                     TOTAL Majemuk II :   ........................                                      



1 = sangat tidak setuju;  2 = tidak setuju;  3 = agak setuju;  4 = setuju;  5 = sangat setuju


Pertanyaan Majemuk III
1.         Saya lebih memilih peta daripada petunjuk tertulis dalam mencari sebuah alamat.
2.          Saya sering melamun.   
3.         Saya menikmati hobi saya dalam dalam bidang fotografi  
4.          Saya senang menggambar dan menciptakan sesuatu
5.         Jika saya harus mengingat sesuatu, saya menggambar diagram untuk membantu saya mengingatnya.
6.         Saya senang membuat coretan- coretan di kertas kapan pun saya bisa.
7.         Ketika membaca majalah, saya lebih suka melihat gambar- gambarnya daripada membaca teksnya.
8.         Dalam berargumentasi, saya mencoba  menjaga jarak, tetap berdiam diri, atau memvisualisasikan beberapa solusi.
9.         Jika sesuatu rusak dan tidak berfungsi, saya cenderung mempelajari diagram mengenai cara kerjanya.
10.     Dalam kerja kelompok, saya lebih memilih menggambar hal-hal
yang penting.

                          
Pertanyaan Majemuk IV
1.     Sejak suka berolahraga, senam menjadi olah raga favorit saya.
2.     Saya menyukai kegiatan-kegiatan seperti pertukangan, menjahit dan membuat bentuk-bentuk.
7.     8.     9.     10.  
3.     Ketika melihat benda-benda, saya senang menyentuhnya.
4.     Saya tidak dapat duduk diam dalam waktu yang lama.
5.     Saya menggunakan banyak gerakan tubuh ketika berbicara.
6.     Jika saya harus mengingat sesuatu, saya  menuliskannya berkali-kali sampai saya memahaminya.
7.     Saya cenderung mengetuk-ngetuk jari saya atau memainkan pena/ pensil selama jam pelajaran.
8.     Dalam berargumentasi,saya cenderung menyerang atau menghindarinya.
9.     Jika sesuatu rusak dan tidak berfungsi, saya cenderung memisahkan setiap bagian lalu menggabungkannya kembali.
10.   Dalam kerja kelompok, saya lebih memilih memindahkan barang atau membuat suatu bentuk.

TOTAL  Majemuk III : .....................                               TOTAL Majemuk IV :......................

1 = sangat tidak setuju;  2 = tidak setuju;  3 = agak setuju;  4 = setuju;  5 = sangat setuju


Pertanyaan Majemuk V
1.      Saya senang mendengarkan musik dan radio.
2.      Saya cenderung bersenandung ketika sedang bekerja.
3.      Saya suka bernyanyi.  
4.      Saya bisa memainkan salah satu alat musik dengan baik. 
5.      Saya suka mendengarkan musik sambil belajar atau sambil membaca buku.
6.      Jika saya harus mengingat sesuatu, saya mencoba untuk membuat irama tentang hal tersebut
7.     Dalam berargumentasi,  saya cenderung berteriak atau memukul (meja/ benda) atau bergerak dalam suatu irama.
8.    Saya bisa menghafal nada-nada dari banyak lagu.
9.    Jika sesuatu rusak dan tidak berfungsi, saya cenderung mengetuk-ngetuk jari saya membentuk suatu irama sambil mencari jalan keluar.
10.   Dalam kerja kelompok, saya lebih suka menggunakan kata-kata baru pada nada atau musik yang sudah dikenal.

                                     
Pertanyaan Majemuk VI
1.     Saya mampu bergaul baik dengan orang lain.
2.     Saya senang berkumpul dan berorganisasi.
3.     Saya mempunyai beberapa teman dekat.
4.     Saya suka membantu mengajar murid-murid  lain.
5.     Saya senang bekerja sama dalam kelompok.
6.     Teman-teman sering meminta saran dari saya karena saya terlihat sebagai pemimpin alamiah.
7.     Jika saya harus mengingat sesuatu, saya meminta seseorang untuk menguji saya apakah saya sudah memahaminya.
8.     Dalam berargumentasi, saya cenderung meminta bantuan teman atau pihak- pihak yang memiliki otoritas (ahli) dalam bidang tersebut.
9.     Jika sesuatu rusak dan tidak berfungsi, saya mencari seseorang yang dapat menolong saya.

10    Dalam kerja kelompok, saya lebih memilih mengatur tugas dalam kelompok.

TOTAL Majemuk V : .............                                  TOTAL  Majemuk VI : ................



1 = sangat tidak setuju;  2 = tidak setuju;  3 = agak setuju;  4 = setuju;  5 = sangat setuju

Pertanyaan Majemuk VII
1.         Saya suka bekerja sendirian tanpa ada gangguan orang lain.
2.         Saya suka menulis buku harian.                      
3.         Saya menyukai diri saya (hampir setiap waktu).
4.         Saya tidak suka keramaian.                             
5.         Saya tahu kelebihan dan kekurangan diri saya.
6.         Saya memiliki tekad yang kuat, mandiri dan berpendirian kuat (tidak mudah ikut-ikutan orang lain).
7.         Jika saya harus mengingat sesuatu saya cenderung menutup mata saya dan mendalami (merasakan) situasi yang sedang terjadi.
8.         Dalam berargumentasi, saya biasanya menghindar (keluar ruangan) hingga saya dapat menenangkan diri.
9.         Jika sesuatu rusak dan tidak berfungsi, saya mempertimbangkan apakah benda tersebut layak untuk diperbaiki.
10.     Dalam kerja kelompok, saya senang mengkontribusikan sesuatu yang unik berdasarkan apa yang saya miliki dan rasakan.



Pertanyaan Majemuk VIII
1.    Saya sangat memperhatikan sekeliling  dan apa yang sedang terjadi di sekitar saya.
2.    Saya senang berjalan-jalan di hutan (atau taman) dan melihat- lihat pohon serta bunga.
3.    Saya senang berkebun.
4.     Saya suka mengoleksi barang- barang seperti batu-batuan, kartu olahraga, perangko, dsb.
5.    Ketika dewasa, saya ingin pergi dari kota yang ramai ke tempat yang masih alamiah untuk menikmati alam.
6.     Jika saya harus mengingat sesuatu, saya  cenderung mengkategorikannya dalam kelompok-kelompok.
7.    Saya senang mempelajari nama- nama makhluk hidup di lingkungan tempat saya berada, seperti bunga dan pohon.
8.    Dalam berargumentasi, saya cenderung membandingkan lawan saya dengan seseorang atau sesuatu yang pernah saya  baca atau dengar lalu bereaksi.
9.    Jika sesuatu rusak dan tidak berfungsi, saya memperhatikan sekeliling saya untuk melihat apa yang bisa saya temukan untuk memperbaikinya.
10.  Dalam kerja kelompok, saya lebih memilih mengatur dan mengelompokkan  informasi dalam kategori-kategori  sehingga mudah dimengerti.

TOTAL  Majemuk VII: ..............                                 TOTAL Majemuk VIII: ......................




TAHAP EVALUASI DIRI ato PENILAIAN
Setelah Anda mengisi tes di atas cobalah melakukan resume berdasarkan nilai yang ada di setiap kotak yang ada.

KECERDASAN MAJEMUK 01  = ...............
KECERDASAN MAJEMUK 02  = ...............
KECERDASAN MAJEMUK 03  = ...............
KECERDASAN MAJEMUK 04  = ...............
KECERDASAN MAJEMUK 05  =...............
 KECERDASAN MAJEMUK 06  = .,............
KECERDASAN MAJEMUK  07  = .............
KECERDASAN MAJEMUK 08   =  .............

Sekarang beri tanda (lingkari) 2 atau 3 kecerdasan majemuk yang skornya paling tinggi.

Jika Anda mengisi tes ini dengan jujur, itulah talenta Anda.  Penemu dari Kecerdasan majemuk  ini  adalah  Prof.  Howard  Gardner  dari  Amerika  Serikat.  Tes  ini  sendiri diadaptasi dari berbagai sumber di internet   (termasuk dari Learning Disabilities Resources Community, Greg Gay dan J. Ivanco) yang telah dimodifikasi.

KECERDASAN MAJEMUK 01 =  KECERDASAN VERBAL/ LINGUISTIK.
KECERDASAN MAJEMUK 02 =  KECERDASAN LOGIS/ MATEMATIS.
KECERDASAN MAJEMUK 03 =  KECERDASAN VISUAL/ SPASIAL.
KECERDASAN MAJEMUK 04 =  KECERDASAN KINESTETIK.
KECERDASAN MAJEMUK 05 =   KECERDASAN MUSIKAL.
KECERDASAN MAJEMUK 06 =   KECERDASAN INTERPERSONAL
KECERDASAN MAJEMUK  07 =  KECERDASAN INTRAPERSONAL
 KECERDASAN MAJEMUK 08 =   KECERDASAN NATURALIS.


Selanjutnya, kita akan melihat lebih jauh penjelasan mengenai masing-masing kecerdasan tersebut.

SEKILAS PENJELASAN TENTANG KECERDASAN MAJEMUK

Di bawah ini ada penjelasan umum mengenai masing-masing kecerdasan majemuk tersebut disertai profesi yang antara lain dapat dipilih.


01. KECERDASAN VERBAL/ LINGUISTIK.
Kemampuan untuk menggunakan bahasa atau kata-kata secara efektif.

Profesi:
Pengajar, pengacara, politikus, wartawan, presenter, penyiar, tour guide, sales, dsb.


02. KECERDASAN LOGIS/ MATEMATIS.
Kemampuan menggunakan angka-angka dan penalaran logika dengan baik, biasanya punya minat yang besar untuk bereksplorasi dan bertanya tentang berbagai fenomena serta menuntut jawaban logis.

Profesi:
Insinyur, dokter, peneliti, pengacara, akuntan, programmer, analis sistem, analis keuangan, banker, dsb.


03. KECERDASAN VISUAL/ SPASIAL.
Kemampuan berpikir 2 atau 3 dimensi, termasuk pemahaman akan bentuk dan ruang serta hubungan antar benda dalam ruangan, memiliki kepekaan akan arah atau lokasi tertentu.

Profesi:
Arsitek, designer, perencana tata kota, seniman, fotografer, animator, pelaut, pilot, dsb.


04. KECERDASAN KINESTETIK.
Kemampuan untuk menggunakan gerak tubuh atau bergerak dengan ketepatan (presisi) tinggi dan mengekspresikan ide atau perasaan melalui gerakan tertentu.

Profesi:
Atlet, penari, koreografer, pemeran pantomim, aktor/ aktris, model, pramugari, ahli jam, perakit senjata/ bom, dokter bedah, trainer atraktif, dsb.

05. KECERDASAN MUSIKAL.
Kemampuan untuk memahami, mengapresiasi, memainkan dan menciptakan musik serta memiliki kepekaan akan ritme, melodi atau nada.

Profesi:
Penyanyi, pencipta lagu, pemusik, komposer, guru vokal atau musik, dirigen, music director, video jockey, disc jockey, music arranger, dsb.

06. KECERDASAN INTERPERSONAL.
Kemampuan untuk menjalin hubungan (berkomunikasi) dengan orang lain, memahami kebutuhan dan perilaku orang lain, mengenali perasaan dengan jeli, melihat dari sudut pandang orang lain (berempati), bekerja sama (teamwork), pandai membangun kepercayaan dan mempertahankan hubungan positif.

Profesi:
Pengajar, politikus, pebisnis, marketing communication, public relations, konsultan , pekerja sosial, aktor/ aktris, rohaniwan, perawat, terapis, dsb.


07. KECERDASAN INTRAPERSONAL.
Kemampuan memahami, menganalisa, dan merefleksikan diri sendiri, mengenali kekuatan dan keterbatasan diri sendiri, serta menyadari perasaan, keinginan, harapan, dan tujuan hidup.

Profesi:
Pelatih, pengajar, penulis, peneliti, konselor, psikolog, rohaniwan, entrepreneur, dsb.


08. KECERDASAN NATURALIS.
Kemampuan untuk memahami alam sekitar, mengidentifikasi dan mengklasifikasikan persamaan dan perbedaan karakteristik spesies flora dan fauna, secara secara efektif berinteraksi dengan alam.

Profesi:
Aktivis lingkungan hidup, ahli pertanian atau peternakan, spesialis budi daya hewan tertentu, pencinta alam, polisi hutan, dokter hewan, pengelola kebun binatang atau cagar alam, pengusaha binatang peliharaan, dsb.


Demikian info saya hari ini untuk masukan boleh kirim ke alamat email kami ..terima kasih atas kunjungannya  GBU.......




No comments: