TES TALENTA (KECERDASAN MAJEMUK) untuk menemukan Talenta
Hari ini saya mau bagikan
tentang bagaimana salah satu cara untuk menemukan talenta kita untuk pekerjaan
baik pelayanan di greja maupun pelayanan dalam masyarakat
Saya mendapatkan info ini dari berbagai sumber
dan tentunya saya tambahin beberapa poin untuk lebih dimengerti dan lebih bagus
tentunya..
OK sekarang kita langsung
saja y...dan semoga ini dapat membantu menemukan apa talenta yang anda miliki
Selamat mengisi dan temukan
talenta anda
PENGANTAR DAN PETUNJUK TES
1.Tes ini bukanlah sebuah ujian. Nikmatilah prosesnya.
2.Tujuan tes ini adalah membantu Anda menemukan talenta Anda.
3. Tidak ada jawaban yang benar dan salah dalam tes ini.
4.Isilah dengan jujur (sesuai dengan keadaan Anda) dan kerjakan
dengan secepat mungkin pada setiap kolom yang tersedia lalu jumlahkan nilai di
setiap kolom.
5.Isilah jawaban Anda pada kolom skor.
1 = sangat tidak setuju
2 = tidak setuju
3 = agak setuju
4 = setuju
5 = sangat setuju
1 = sangat tidak setuju; 2 = tidak setuju; 3 = agak setuju; 4 = setuju;
5 = sangat setuju
Pertanyaan Majemuk I
1. Saya
suka bercerita, termasuk cerita dongeng dan cerita yang lucu.
2. Saya
memiliki ingatan yang baik untuk hal-hal yang sepele.
3. Saya
menyukai permainan kata- kata (seperti scrabble dan puzzle).
4. Saya
membaca buku hanya sebagai hobi.
5. Saya seorang pembicara yang baik (hampir
setiap waktu).
6.
Dalam berargumentasi, saya cenderung menggunakan kata- kata sindiran.
7. Saya
senang membicarakan dan menulis ide-ide saya.
8. Jika
saya harus mengingat sesuatu, saya menciptakan irama-irama atau kata-kata yang
membantu saya untuk mengingatnya.
9. Jika
sesuatu rusak dan tidak berfungsi, saya akan membaca buku panduannya terlebih
dahulu.
10. Dalam
kerja kelompok (untuk menyiapkan sebuah presentasi), saya lebih memilih untuk
menulis dan melakukan riset pustaka.
Pertanyaan Majemuk II
1. Saya
sangat menikmati pelajaran matematika.
2. Saya
menyukai permainan yang menggunakan logika, seperti teka- teki angka.
3.
Dapat memecahkan soal-soal hitungan adalah hal yang menyenangkan bagi
saya.
4. Jika
saya harus mengingat sesuatu, saya cenderung menempatkan setiap kejadian dalam
urutan yang logis.
5. Saya
senang mencari tahu bagaimana cara kerja
setiap benda.
6. Saya
menyukai komputer dan berbagai permainan angka-angka.
7. Saya
suka bermain catur, checkers,
atau monopoli.
8.
Dalam berargumentasi, saya mencoba
mencari solusi yang adil dan logis.
9. Jika
sesuatu rusak dan tidak berfungsi, saya melihat bagian- bagiannya (atau
komponen- komponennya) dan mencari tahu bagaimana cara kerjanya.
10. Dalam
kerja kelompok, saya lebih memilih membuat diagram dan grafik
TOTAL Majemuk I : ..................... TOTAL Majemuk II : ........................
1 = sangat tidak setuju; 2 = tidak setuju; 3 = agak setuju; 4 = setuju;
5 = sangat setuju
Pertanyaan Majemuk III
1.
Saya lebih
memilih peta daripada petunjuk tertulis dalam mencari sebuah alamat.
2.
Saya sering melamun.
3.
Saya menikmati
hobi saya dalam dalam bidang fotografi
4.
Saya senang menggambar dan menciptakan sesuatu
5.
Jika saya harus
mengingat sesuatu, saya menggambar diagram untuk membantu saya mengingatnya.
6.
Saya senang
membuat coretan- coretan di kertas kapan pun saya bisa.
7.
Ketika membaca
majalah, saya lebih suka melihat gambar- gambarnya daripada membaca teksnya.
8.
Dalam
berargumentasi, saya mencoba menjaga
jarak, tetap berdiam diri, atau memvisualisasikan beberapa solusi.
9.
Jika sesuatu
rusak dan tidak berfungsi, saya cenderung mempelajari diagram mengenai cara
kerjanya.
10. Dalam kerja kelompok, saya lebih memilih
menggambar hal-hal
yang penting.
Pertanyaan Majemuk IV
1.
Sejak suka berolahraga, senam menjadi olah raga favorit saya.
2. Saya
menyukai kegiatan-kegiatan seperti pertukangan, menjahit dan membuat
bentuk-bentuk.
7. 8. 9.
10.
3. Ketika
melihat benda-benda, saya senang menyentuhnya.
4. Saya
tidak dapat duduk diam dalam waktu yang lama.
5. Saya
menggunakan banyak gerakan tubuh ketika berbicara.
6. Jika
saya harus mengingat sesuatu, saya
menuliskannya berkali-kali sampai saya memahaminya.
7. Saya
cenderung mengetuk-ngetuk jari saya atau memainkan pena/ pensil selama jam
pelajaran.
8.
Dalam berargumentasi,saya cenderung menyerang atau menghindarinya.
9. Jika
sesuatu rusak dan tidak berfungsi, saya cenderung memisahkan setiap bagian lalu
menggabungkannya kembali.
10. Dalam
kerja kelompok, saya lebih memilih memindahkan barang atau membuat suatu
bentuk.
TOTAL Majemuk III : ..................... TOTAL Majemuk IV :......................
1 = sangat tidak setuju; 2 = tidak setuju; 3 = agak setuju; 4 = setuju;
5 = sangat setuju
Pertanyaan Majemuk V
1.
Saya senang mendengarkan musik dan radio.
2.
Saya cenderung bersenandung ketika sedang bekerja.
3. Saya suka bernyanyi.
4. Saya bisa memainkan salah satu alat musik dengan baik.
5. Saya suka mendengarkan musik sambil belajar atau sambil membaca buku.
6. Jika saya harus mengingat sesuatu, saya mencoba untuk membuat irama
tentang hal tersebut
7. Dalam berargumentasi, saya
cenderung berteriak atau memukul (meja/ benda) atau bergerak dalam suatu irama.
8. Saya bisa menghafal nada-nada dari banyak lagu.
9. Jika sesuatu rusak dan tidak berfungsi, saya cenderung mengetuk-ngetuk
jari saya membentuk suatu irama sambil mencari jalan keluar.
10. Dalam kerja kelompok, saya lebih suka menggunakan kata-kata baru pada
nada atau musik yang sudah dikenal.
Pertanyaan Majemuk VI
1. Saya
mampu bergaul baik dengan orang lain.
2. Saya
senang berkumpul dan berorganisasi.
3. Saya
mempunyai beberapa teman dekat.
4. Saya suka membantu mengajar murid-murid lain.
5. Saya senang bekerja sama dalam kelompok.
6. Teman-teman
sering meminta saran dari saya karena saya terlihat sebagai pemimpin alamiah.
7. Jika
saya harus mengingat sesuatu, saya meminta seseorang untuk menguji saya apakah
saya sudah memahaminya.
8. Dalam
berargumentasi, saya cenderung meminta bantuan teman atau pihak- pihak yang
memiliki otoritas (ahli) dalam bidang tersebut.
9. Jika
sesuatu rusak dan tidak berfungsi, saya mencari seseorang yang dapat menolong
saya.
10 Dalam
kerja kelompok, saya lebih memilih mengatur tugas dalam kelompok.
TOTAL Majemuk V : ............. TOTAL Majemuk VI : ................
1 = sangat tidak setuju; 2 = tidak setuju; 3 = agak setuju; 4 = setuju;
5 = sangat setuju
Pertanyaan Majemuk VII
1.
Saya suka bekerja
sendirian tanpa ada gangguan orang lain.
2.
Saya suka menulis
buku harian.
3.
Saya menyukai
diri saya (hampir setiap waktu).
4.
Saya tidak suka
keramaian.
5.
Saya tahu
kelebihan dan kekurangan diri saya.
6.
Saya memiliki
tekad yang kuat, mandiri dan berpendirian kuat (tidak mudah ikut-ikutan orang
lain).
7.
Jika saya harus
mengingat sesuatu saya cenderung menutup mata saya dan mendalami (merasakan)
situasi yang sedang terjadi.
8.
Dalam
berargumentasi, saya biasanya menghindar (keluar ruangan) hingga saya dapat
menenangkan diri.
9.
Jika sesuatu
rusak dan tidak berfungsi, saya mempertimbangkan apakah benda tersebut layak
untuk diperbaiki.
10. Dalam kerja kelompok, saya senang
mengkontribusikan sesuatu yang unik berdasarkan apa yang saya miliki dan
rasakan.
Pertanyaan Majemuk VIII
1. Saya
sangat memperhatikan sekeliling dan apa
yang sedang terjadi di sekitar saya.
2. Saya
senang berjalan-jalan di hutan (atau taman) dan melihat- lihat pohon serta
bunga.
3. Saya
senang berkebun.
4. Saya
suka mengoleksi barang- barang seperti batu-batuan, kartu olahraga, perangko,
dsb.
5. Ketika
dewasa, saya ingin pergi dari kota yang ramai ke tempat yang masih alamiah
untuk menikmati alam.
6. Jika saya harus mengingat sesuatu, saya cenderung mengkategorikannya dalam
kelompok-kelompok.
7. Saya
senang mempelajari nama- nama makhluk hidup di lingkungan tempat saya berada,
seperti bunga dan pohon.
8. Dalam
berargumentasi, saya cenderung membandingkan lawan saya dengan seseorang atau
sesuatu yang pernah saya baca atau
dengar lalu bereaksi.
9. Jika
sesuatu rusak dan tidak berfungsi, saya memperhatikan sekeliling saya untuk
melihat apa yang bisa saya temukan untuk memperbaikinya.
10. Dalam
kerja kelompok, saya lebih memilih mengatur dan mengelompokkan informasi dalam kategori-kategori sehingga mudah dimengerti.
TOTAL Majemuk VII: .............. TOTAL Majemuk VIII: ......................
TAHAP EVALUASI DIRI ato PENILAIAN
Setelah Anda mengisi tes di atas cobalah
melakukan resume berdasarkan nilai yang ada di setiap kotak yang ada.
KECERDASAN MAJEMUK 01 = ...............
KECERDASAN MAJEMUK 02 = ...............
KECERDASAN MAJEMUK 03 = ...............
KECERDASAN MAJEMUK 04 = ...............
KECERDASAN MAJEMUK 05 =...............
KECERDASAN
MAJEMUK 06 = .,............
KECERDASAN MAJEMUK 07 = .............
KECERDASAN MAJEMUK 08 =
.............
Sekarang beri tanda (lingkari) 2 atau 3
kecerdasan majemuk yang skornya paling tinggi.
Jika Anda mengisi tes ini dengan jujur, itulah
talenta Anda. Penemu dari Kecerdasan
majemuk ini adalah
Prof. Howard Gardner
dari Amerika Serikat.
Tes ini sendiri diadaptasi dari berbagai sumber di
internet (termasuk dari Learning
Disabilities Resources Community, Greg Gay dan J. Ivanco) yang telah
dimodifikasi.
KECERDASAN MAJEMUK 01 = KECERDASAN VERBAL/ LINGUISTIK.
KECERDASAN MAJEMUK 02 = KECERDASAN LOGIS/ MATEMATIS.
KECERDASAN MAJEMUK 03 = KECERDASAN VISUAL/ SPASIAL.
KECERDASAN MAJEMUK 04 = KECERDASAN KINESTETIK.
KECERDASAN MAJEMUK 05 = KECERDASAN MUSIKAL.
KECERDASAN MAJEMUK 06 = KECERDASAN INTERPERSONAL
KECERDASAN MAJEMUK 07 =
KECERDASAN INTRAPERSONAL
KECERDASAN
MAJEMUK 08 = KECERDASAN NATURALIS.
Selanjutnya, kita akan melihat lebih jauh
penjelasan mengenai masing-masing kecerdasan tersebut.
SEKILAS PENJELASAN TENTANG KECERDASAN MAJEMUK
Di bawah ini ada penjelasan umum mengenai
masing-masing kecerdasan majemuk tersebut disertai profesi yang antara lain
dapat dipilih.
01. KECERDASAN VERBAL/ LINGUISTIK.
Kemampuan untuk menggunakan bahasa atau kata-kata
secara efektif.
Profesi:
Pengajar, pengacara, politikus, wartawan,
presenter, penyiar, tour guide, sales, dsb.
02. KECERDASAN LOGIS/ MATEMATIS.
Kemampuan menggunakan angka-angka dan penalaran
logika dengan baik, biasanya punya minat yang besar untuk bereksplorasi dan
bertanya tentang berbagai fenomena serta menuntut jawaban logis.
Profesi:
Insinyur, dokter, peneliti, pengacara, akuntan,
programmer, analis sistem, analis keuangan, banker, dsb.
03. KECERDASAN VISUAL/ SPASIAL.
Kemampuan berpikir 2 atau 3 dimensi, termasuk
pemahaman akan bentuk dan ruang serta hubungan antar benda dalam ruangan,
memiliki kepekaan akan arah atau lokasi tertentu.
Profesi:
Arsitek, designer, perencana tata kota, seniman,
fotografer, animator, pelaut, pilot, dsb.
04. KECERDASAN KINESTETIK.
Kemampuan untuk menggunakan gerak tubuh atau
bergerak dengan ketepatan (presisi) tinggi dan mengekspresikan ide atau
perasaan melalui gerakan tertentu.
Profesi:
Atlet, penari, koreografer, pemeran pantomim, aktor/
aktris, model, pramugari, ahli jam, perakit senjata/ bom, dokter bedah, trainer
atraktif, dsb.
05. KECERDASAN MUSIKAL.
Kemampuan untuk memahami, mengapresiasi,
memainkan dan menciptakan musik serta memiliki kepekaan akan ritme, melodi atau
nada.
Profesi:
Penyanyi, pencipta lagu, pemusik, komposer, guru
vokal atau musik, dirigen, music director, video jockey, disc jockey, music
arranger, dsb.
06. KECERDASAN INTERPERSONAL.
Kemampuan untuk menjalin hubungan (berkomunikasi)
dengan orang lain, memahami kebutuhan dan perilaku orang lain, mengenali
perasaan dengan jeli, melihat dari sudut pandang orang lain (berempati),
bekerja sama (teamwork), pandai membangun kepercayaan dan mempertahankan
hubungan positif.
Profesi:
Pengajar, politikus, pebisnis, marketing
communication, public relations, konsultan , pekerja sosial, aktor/ aktris,
rohaniwan, perawat, terapis, dsb.
07. KECERDASAN INTRAPERSONAL.
Kemampuan memahami, menganalisa, dan
merefleksikan diri sendiri, mengenali kekuatan dan keterbatasan diri sendiri,
serta menyadari perasaan, keinginan, harapan, dan tujuan hidup.
Profesi:
Pelatih, pengajar, penulis, peneliti, konselor,
psikolog, rohaniwan, entrepreneur, dsb.
08. KECERDASAN NATURALIS.
Kemampuan untuk memahami alam sekitar,
mengidentifikasi dan mengklasifikasikan persamaan dan perbedaan karakteristik
spesies flora dan fauna, secara secara efektif berinteraksi dengan alam.
Profesi:
Aktivis lingkungan hidup, ahli pertanian atau
peternakan, spesialis budi daya hewan tertentu, pencinta alam, polisi hutan,
dokter hewan, pengelola kebun binatang atau cagar alam, pengusaha binatang
peliharaan, dsb.
Demikian info saya hari ini
untuk masukan boleh kirim ke alamat email kami ..terima kasih atas kunjungannya GBU.......
No comments:
Post a Comment